• SUPER BLUE BLOOD MOON DIABADIKAN BANYAK ORANG DALAM PANDANGANNYA SENDIRI. APA SALAH SATUNYA KAMU?


    HAI, KAMU YANG ENTAH DIMANA. AKU AKAN MENUNGGU SAAT KITA BISA MELIHAT PERISTIWA INDAH SEPERTI INI BERSAMA –INDAHSHAL-

    SUPER BLUE BLOOD MOON DIABADIKAN BANYAK ORANG DALAM PANDANGANNYA SENDIRI. APA SALAH SATUNYA KAMU?



    express.co

    Super Blue Blood Moon kali ini siapa yang tidak mengikuti euforianya? Kebanyakan masyarakat Indonesia pasti menyaksikan gerhana bulan yang satu ini kan? Gerhana bulan yang bertetapatan dengan tiga fenomena yaitu Blue moon, Blood moon, dan Moon on Perigee. Pada tulisan saya kali ini, saya ingin mengulas sedikit tentang hal-hal saat #SuperBlueBloodMoon yang menjadi Trending Topic dunia ini.

    Rabu, 31 Januari 2018 dimana terjadi gerhana bulan yang langka terjadi yaitu #SuperBlueBloodMoon. Gerhana bulan ini terjadi terakhir di Indonesia pada tahun 1982 sedangkan di Amerika gerhana bulan ini terjadi 152 tahun yang lalu.

    Pertama kali hal yang saya perhatikan saat #SuperBlueBloodMoon ini, sebagian masyarakat Indonesia sangat antusias untuk menyaksikan peristiwa langka ini. Setelah sebelumnya masyarakat Indonesia sangat antusias pada Gerhana Matahari Total 2016. Disini saya sangat senang sekali melihat antusiame masyarakat Indonesia, banyak televisi yang menyiarkan peristiwa ini secara real time dimana mereka memberitakan peristiwa ini langsung di tempat-tempat yang mengadakan pengamatan bersama masyarakat, diantaranya di Planetarium Jakarta, TMII, Kota Tua, Monas, dll. Selain itu, mereka juga mengulas pengetahuan seputar peristiwa #SuperBlueBloodMoon yang tentunya akan sangat mengedukasikan masayarakat tentang Astronomi karena saat ini banyak masyarakat Indonesia yang masih awam dengan Astronomi. Yaa, walaupun saat peristiwa langka ini terjadi masih banyak yang belum paham tentang gerhana ini. Televisi yang menyiarkan gerhana secara real time diantaranya Metro TV, Kompas TV, Tvone, dan Inews TV. Mereka mengundang beberapa ahli Astronomi untuk menjelaskan bagaimana gerhana ini terjadi, apa dampak dari gerhana ini, kapan gerhana seperti ini terjadi lagi, kapan terkahirr kali gerhana ini terjadi, dll. dengan begitu, masyarakat akan lebih tertarik terhadap Astronomi.

    Disamping besarnya euforia masyarakat Indonesia yang mengabadikan momen ini di akun sosial media mereka, banyak para ilmuan dan mahasiswa Astronomi yang menggunakan momen ini untuk mempelajari lebih banyak tentang Astronomi, meneliti hal-hal yang terjadi saat gerhana ini terjadi, mengumpulkan data hasil pengamatan, dan mengabadikan momen langka ini yang biasa disebut Astrofotografi.

    Berbeda dengan sebagian orang, orang-orang yang mengamati perisiwa #SuperBlueBloodMoon secara agamis melalui momen ini mereka mendekatkan diri dengan Sang Pencipta, mereka lebih banyak merenung dan beribadah saat momen ini terjadi.

    Selain itu ada juga yang menanggapi peristiwa ini secara emosional, seperti para pujangga, penyair, penulis, novelis, dll. Perasaan emosional yang terasa saat #SuperBlueBLoodMoon seakan mendorong para pujangga untuk mengabadikan momen ini dalam bentuk puisi yang indah karena mereka membuat puisi tersebut saat terjadi peristiwa langka. Puisi tersebut akan menjadi bukti dan kenangan yang indah saat para pujangga membaca puisi karyanya tersebut. Ada juga yang megabadikan momen ini untuk kemudian dirangkai dalam tulisan indah dan bermakna yang bisa dilantunkan dengan melodi yang melelehkan hati, Yups para penyair. Berbada dengan pujangga yang menggambarkan peristiwa #SuperBlueBLoodMoon dalam tulisan yang dirangkai dengan banyak kata kiasan, para novelis mendapatkan banyak imajinasi yang melayang dipikiran mereka untuk dijadikan sebuah ide dari cerita manis yang akan mereka ciptakan untuk menjadi karya yang berkesan.

    Saat peristiwa langka ini terjadi ada seseorang yang menatap bulan dengan sangat teliti seakan  mereka sedang merekam bulan tersebut menggunakan penglihatannya untuk kemudian dituangkan dalam sebuah kertas putih atau kanvas putih yang di isi oleh warna yang berasal dari alunan tangan yang bergerak penuh rasa, hehe ini adalah pelukis atau animator.

    Selain sisi yang saya ulas diatas masih banyak lagi orang-orang yang menggunakan caranya sendiri untuk mengabadikan #SuperBlueBloodMoon 2018.

    Bagaimana? Adakah salah satu sisi diatas yang ada dalam diri kamu? Atau adakah yang menjadi tertarik terhadap astronomi? Atau ada yang mau menunggu 19 tahun lagi untuk menyaksikan peritiwa #SuperBLueBloodMoon? Atau ada yang menyaksikan peristiwa Astronomi lainnya? Jangan khawatir, di tanggal 28 bulan Juli nanti akan ada peristiwa Gerhana bulan total lagi! Yeayyy, bahkan dengan 4 fenomena. Wow penasaran kan? Sebaiknya mulai saat ini kalian banyak-banyak baca info Aftronomi yaaa J

    PERISTIWA INI BERAT UNTUK DILEWATKAN BUKAN? KARENA DEWI KEBAHAGIAAN ADA BERSAMANYA –INDAHSHAL-
  • You might also like

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentar anda akan sangat membantu penulis untuk terus bersemangat dalam menulis :)